Beranda | Artikel
Bab Al-Ijarah / Sewa-menyewa - Bagian ke-1 - Kitab Manhajus Salikin (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 21 November 2013

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.

[sc:status-manhajus-salikin-ustadz-erwandi-tarmizi-2013]

Ringkasan Kajian dalam Rekaman ini: Kitab Manhajus Salikin

Bab Sewa-menyewa / Ijarah (باب الجعالة والإجارة) – Bagian ke-1

Penulis kitab ini menggabungkan dua tema ji’alah dan ijarah dalam satu bab, karena banyaknya persamaannya, berarti ada perbedaan yang sangat penting dalam hal ini. Kita akan bahas terlebih dahulu tentang Al-Ijarah (الإجارة.

Al-ijarah yang berarti sewa menyewa.

الإجارة: تمليك منفعة معلومة بعوض معلوم

Al-ijarah / sewa-menyewa yaitu memberikan / menguasakan manfaat / jasa, baik manfaat dari barang atau jasa dari orang, diberikan / diserahkan kepada orang lain dan pihak yang lain memberikan imbalan dari jasa / manfaat tersebut. Inilah yang dimaksud dengan al-ijarah.

Hukum asalnya adalah boleh.

Dan akad ijarah adalah akad lazim (عقد لازم), bukan akad ja’iz. Akad lazim tidak bisa dihentikan / diakhiri oleh salah satu pihak, harus ada kesepakatan dari awal atau kesepakatan mendatang dari kedua belah pihak untuk mengakhiri akad tersebut. Inilah yang dinamakan akad lazim.

Al-Ijarah sebuah akad yang sangat penting, merupakan bagian dari jual-beli. Jika jual-beli adalah مبادلة المال بالمال تمليكًا وتملكًا, yaitu tukar-menukar harta dengan harta, namun jika ijarah di sini ada unsur jasa, yaitu harta ditukar dengan jasa. Al-ijarah dianjurkan dan disyariatkan dalam Islam, dan sudah ada semenjak lama. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan tentang ijarah yang terjadi antara Musa dan bapak dari wanita yang kemudiani menjadi istrinya.

“Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: “Ya bapakku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya,”(26) Berkatalah dia (Syu’aib): “Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah (suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu Insya Allah akan mendapatiku termasuk orang-orang yang baik.”(27)” (Q.S. Al-Qashash [28]: 26-27)

Download Kajian KItab Manhajus Salikin (Kitabul Buyu’)- Ustadz DR Erwandi Tarmizi: Bab Al-Ijarah / Sewa-menyewa

Silakan didownload kajian fiqih muamalah ini dan mari bagi-bagikan ke saudara-saudara Muslim kita melalui Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/4280-bab-al-ijarah-sewa-menyewa-bagian-ke-1-kitab-manhajus-salikin-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/